Sabtu, 20 Juli 2013

Lupa Bacaan Sholat

Tanya :
Apakah hukumnya bila kita sedang sholat lupa bacaan sholat/ayat Al-qur'an, apa yang harus dilakukan?

Jawab :
Hal-hal yang berkaitan dengan lupanya seseorang akan gerakan/bacaan ketika sholat (dengan asumsi yang ditanyakan penanya adalah hal-hal yang kurang bukan tambahan (gerakan) ketika sholat :

1.Kalau berkaitan dengan dengan rukun sholat dan dia ingat ketika sampai pada tempat dia lupa membacanya seperti lupa al fatihah kemudian teringat ketika dia berdiri pada rakaat kedua maka rakaat pertama gugur dan rakaat kedua dianggap sebagai rakaat pertama. Kalau dia teringat sebelum sampai pada tempat dia lupa seperti dia lupa al fatihah kemudian teringat ketika sujud maka dia kembali berdiri dan membaca al fatihah. Pada dua keadaan ini dia melakukan sujud sahwi selesai salam.

2.Kalau berkaitan dengan kewajiban sholat apabila dia ingat sebelum dia meninggalkan tempatnya untuk pindah kepada rukun berikutnya maka tidak ada konsekuensi apapun. Kalau dia ingat ketika berpindah ke rukun berikutnya akan tetapi belum dalam keadaan sempurna maka dia kembali dan melakukan kewajiban yang tadi dia lupa kemudian setelah salam dia sujud sahwi. Kalau dia ingat setelah sempurna berpindah pada rukun berikutnya maka dia melanjutkan sholatnya dan sujud sahwi sebelum salam.
Yang sering dicontohkan :
Seorang pada sujud kedua pada rakaat kedua akan bangkit akan tetapi dia teringat untuk tasyahud awal sebelum dia bangkit. Maka dia meneruskan duduk tasyahudnya dan tidak ada konsekuensi apapun.
Seorang pada sujud kedua rakaat kedua dia lupa untuk tasyahud awal dan langsung bangkit untuk berdiri pada rakaat ketiga. Akan tetapi sebelum sempurna dia berdiri dia ingat belum duduk tasyahud, maka dia kembali duduk tasyahud dan kemudian setelah salam dia sujud sahwi.
Seorang pada sujud kedua rakaat kedua dia lupa untuk tasyahud awal dan langsung bangkit. Setelah sempurna berdirinya dia teringat belum tasyahud awal. Maka dia tetap meneruskan sholatnya kemudian sujud sahwi sebelum salam.
Dinukil dari “Risalah Sujud Sahwi” karya Asy Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin rahimahullah.

Adapun kalau lupanya berkaitan dengan perkara-perkara yang berkaitan dengan sunnah-sunnah sholat, maka tidak ada konsekuensi apa-apa baginya kalau lupa melakukannya.
Wallahu a’lam.

(Ustadz Ayyub)

As-Sunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar