Senin, 22 Juli 2013

Hukum Shalat TARAWEH Bagi Wanita

︵ ▻ Shalat Taraweh hukumnya sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). Dan yg lebih utama bg para wanita adalah melakukannya di rumah.

︵ ▻ Berdasarkan sabda Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam:“Jgn kalian melarang isteri2 kalian ke masjid.Akan tetapi rumah2 mreka lbih baik bg mereka.”(HR.Abu Daud)

Dan semakin shalatnya di tempat lebih tertutup&lebih menyendiri,hal itu lebih baik lagi. Sbgaimana sabda Nabi: “Shalat seorg wanita di ruang tidurnya lebih baik dibandingkan shalatnya di ruang tengah. Dan shalatnya di ruang kecil di rumahnya,lebih baik dibandingkan shalatnya di ruang tidurnya.”(HR.Abu Daud)

Bahkan Rasulullah pernah bersabda,kpd Ummu Humaid ktk dia ingin shalat bersama beliau,

وَصَلاتُكِ فِي بَيْتِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاتِكِ فِي حُجْرَتِكِ وَصَلاتُكِ فِي حُجْرَتِكِ خَيْرٌ مِنْ صَلاتِكِ فِي دَارِكِ وَصَلاتُكِ فِي دَارِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاتِكِ فِي مَسْجِدِ قَوْمِكِ وَصَلاتُكِ فِي مَسْجِدِ قَوْمِكِ خَيْرٌ لَكِ مِنْ صَلاتِكِ فِي مَسْجِدِي

"Shalatmu di kamar tidurmu lebih baik dibandingkan shalatmu di ruang tengah rumahmu,& shalatmu di ruang tengah rumahmu lebih baik dibandingkan shalatmu di masjid khusus rumahmu,& shalatmu di masjid khusus rumahmu,lebih baik dibandingkan shalatmu di masjid di sekitar masyarakatmu,& shalatmu di masjid sekitar masyarakatmu lebih baik dibandingkan shalatmu di MASJIDKU. (HR.Ahmad)

︵ ▻ Akan tetapi keutamaan semacam ini jgn sampai menjadi penghalang utk memberi izin kpd para wanita pergi ke masjid..

Namun kedtngan para wanita ke masjid, hendaknya dg syarat:

1. Memakai hijab secara sempurna
2.Tdk menggunakan wewangian
3. Mendapat izin dr suaminya/walinya.

Hendaknya ketika pergi, seorg wanita tdk melakukan perkara haram.Kalau seorg wanita menyalahi sebagian dari apa yg disebutkan tadi,mk suami/walinya berhak melarangnya pergi,bahkan hal itu justru diharuskan
Smg bermanfaat

(BB Dakwah Al-Sofwa. Disadur dr fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih al-Munajjid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar