FATWA MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) TENTANG KESESATAN AJARAN SYI’AH
KEPUTUSAN FATWA
MAJELIS ULAMA INDONESIA (MUI) PROP. JAWA TIMUR
No. Kep-01/SKF-MUI/JTM/I/2012
Tentang : TENTANG KESESATAN AJARAN SYI’AH
.
Memperhatikan :
5.Telaah terhadap kitab yang menjadi rujukan dari faham syi’ah antara lain:
—————————————————————————————————
1● al-Kafi
2● Tahdzib al-Ahkam
3● al-Istibshar
4● Man La Yahdluru al-Faqih
5● Buku-buku Syi’ah yang lain seperti: Bihar al-Anwar, Tafsir
al-Qummi, Fashl al-khithab fi itsbati tahrifi kitabi rabbi al-Arbab,
Kasyfu al-Asrar li al-Musawi.
6● Buku-buku Syi’ah berbahasa
Indonesia antara lain: Saqifah Awal Perselisihan Umat tulisan O. Hashem;
Shalat Dalam Madzhab Ahlul Bait tulisan Hiayatullah Husein al Habsyi;
Keluarga Suci Nabi Tulisan Ali Umar al-Habsyi
.
Berdasarkan
kitab-kitab tersebut dapat diketahui adanya perbedaan yang mendasar
dengan ahlu al-sunnah wa al-jama’ah (dalam pengertian luas / Islam)
tidak saja pada :
— masalah furu’iyah
—— tetapi juga pada masalah ushuliyah (masalah pokok dalam ajaran Islam)
.
diantaranya:
▬▬▬▬▬▬
1►Hadits menurut faham Syi’ah berbeda dengan pengertian ahlu al-sunnah (Islam).
2►Menurut Syi’ah hadits meliputi af’al, aqwal, dan taqrir yang
disandarkan TIDAK HANYA kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa
sallam TETAPI JUGA para imam-imam Syi’ah.
3►Faham syi’ah meyakini bahwa IMAM2 adalah MA'SHUM SEPERTI PARA NABI.
4►Faham Syi’ah memandang bahwa menegakkan kepemimpinan IMAMAH) termasuk masalah AQIDAH dalam agama.
5►Faham Syi’ah mengingkari Otentisitas Al-Qur’an dengan mengimani adanya tahrif al-Qur’an
أ. عن جابر قال: سمعت ابا جعفر عليه السلام يقول: ما ادعي أحد من
الناس أنه جمع القران كله كما أنزل إلا كذاب , وما جمعه وحفظه كما نزل
الله تعالي إلا علي بن ابي طالب عليه السلام و الائمة من بعده عليهم السلام
(اصول الكافي ج1/ص 284)
ب. عن ابي جعفر عليه السلام انه
قال: ما يستطيع احد ان يدعّي أن عنده جميع القران كله ظاهره وباطنه غير
الاوصياء (اصول الكافي ج1/ص 284-285)
ت. عن ابي عبد الله
عليه السلام قال: ان القران الذي جاء به جبريل عليه السلام إلى محمد صلى
الله عليه وسلم سبعة عشر ألف آية (اصول الكافي ج2/باب النوادر, رقم 28)
1● Faham Syi’ah meyakini turunnya wahyu setelah al-Qur’an yakni yang disebut mushaf Fatimah
أ. إن الله تعالى لما قبض نبيه صلى الله عليه وآله دخل على فاطمة
عليها السلام من وفاته من الحزن ما لا يعلمه إلا الله عزوجل فأرسل الله
إليها ملكا يسلي غمها ويحدثها، فشكت ذلك إلى أمير المؤمنين عليه السلام
فقال: إذا أحسست بذلك وسمعت الصوت قولي لي فأعلمته بذلك فجعل أمير المؤمنين
عليه السلام يكتب كل ما سمع حتى أثبت من ذلك مصحفا قال: ثم قال: أما إنه
ليس فيه شئ من الحلال والحرام ولكن فيه علم ما يكون (اصول الكافي ج1/ص 296)
ب. وإن عندنا لمصحف فاطمة عليها السلام وما يدريهم ما مصحف فاطمة
عليها السلام؟ قال: قلت: وما مصحف فاطمة عليها السلام؟ قال: مصحف فيه مثل
قرآنكم هذا ثلاث مرات، والله ما فيه من قرآنكم حرف (اصول الكافي ج1/ص 290)
1● Syi’ah banyak melakukan penafsiran al-Qur’an yang mendukung faham
mereka antara lain melecehkan sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi Wa
sallam. Misalnya penulis Tafsir al-Qummi menafsirkan kalimat dalam surat
al-Hajj ayat 52
أَلْقَى الشَّيْطَانُ فِي أُمْنِيَّتِهِ: يعني أبا بكر وعمر (تفسير القمي ص. 259)
1● Syi’ah meyakini bahwa para sahabat telah murtad sesudah wafatnya Rasulullah Saw, kecuali tiga orang.
عن أبي جعفر قال : كان الناس أهل ردة بعد النبي صلى الله عليه وآله إلا
ثلاثة فقلت: ومن الثلاثة؟ فقال: المقداد بن الأسود وأبو ذر الغفاري و سلمان
الفارسي رحمة الله وبركاته عليهم (روضة الكافي ص 198 ر. 341, بحار الانوار
ج 22/ ص333)
1● Faham Syi’ah meyakini bahwa orang yang tidak mengimani terhadap imam-imam Syi’ah adalah syirik dan kafir
إعلم أن إطلاق لفظ الشرك والكفر على من لم يعتقد بإمامة أمير المؤمنين
والائمة من ولده عليهم السلام وفضّل عليهم غيرهم يدل على أنهم كفار مخلدون
في النار ( بحار الانوار ج 23/ ص390)
1● Faham Syi’ah melecehkan
sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi Wa sallam. Termasuk Abu Bakar
radhyallahu 'anhu dan Umar radhyallahu 'anhu.
أ. ومن الجبت أبو بكر ومن الطاغوت عمر والشياطين بني امية وبني العباس (شرح الزيارة الجامعة الكبيرة ج 3/ص156)
ب. وإن الشيخين (-أبا بكر وعمر-) فارقا الدنيا ولم يتوبا ولم يتذكرا
ما صنعا بأمير المؤمنين فعليهما لعنة الله والملائكة والناس أجمعين (روضة
الكافي/ ص 198, رقم 343 ؛ كشف الأسرار وتبرئة الأئمة الأطهار ص 84)
1● Faham Syi’ah meyakini bahwa orang yang selain Syi’ah adalah keturunan pelacur
والله يا أبا حمزة إن الناس كلهم أولاد بغايا ما خلا شيعتنا (روضة الكافي: ص 227 رقم 431)
1● Faham Syi’ah membolehkan bahkan mengaىjurkan praktik nikah mut’ah.
الْبَاطِلَ مَا قَالَ صَاحِبُكَ قَالَ فَأَقْبَلَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
عُمَيْرٍ فَقَالَ يَسُرُّكَ أَنَّ نِسَاءَكَ وَ بَنَاتِكَ وَ أَخَوَاتِكَ
وَ بَنَاتِ عَمِّكَ يَفْعَلْنَ قَالَ فَأَعْرَضَ عَنْهُ أَبُو جَعْفَرٍ
عليه السلام حِينَ ذَكَرَ نِسَاءَهُ وَ بَنَاتِ عَمِّهِ (فروع الكافي ج
3/ص 455)
أ. عَنْ زُرَارَةَ قَالَ جَاءَ عَبْدُ
اللَّهِ بْنُ عُمَيْرٍ اللَّيْثِيُّ إِلَى أَبِي جَعْفَرٍ عليه السلام
فَقَالَ لَهُ مَا تَقُولُ فِي مُتْعَةِ النِّسَاءِ فَقَالَ أَحَلَّهَا
اللَّهُ فِي كِتَابِهِ وَ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّهِ صلى الله عليه وآله
فَهِيَ حَلَالٌ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ فَقَالَ يَا أَبَا جَعْفَرٍ
مِثْلُكَ يَقُولُ هَذَا وَ قَدْ حَرَّمَهَا عُمَرُ وَ نَهَى عَنْهَا
فَقَالَ وَ إِنْ كَانَ فَعَلَ قَالَ إِنِّي أُعِيذُكَ بِاللَّهِ مِنْ
ذَلِكَ أَنْ تُحِلَّ شَيْئاً حَرَّمَهُ عُمَرُ قَالَ فَقَالَ لَهُ فَأَنْتَ
عَلَى قَوْلِ صَاحِبِكَ وَ أَنَا عَلَى قَوْلِ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله
عليه وآله فَهَلُمَّ أُلَاعِنْكَ أَنَّ الْقَوْلَ مَا قَالَ رَسُولُ
اللَّهِ صلى الله عليه وآله وَ أَنَّ
ب. الْحُسَيْنُ بْنُ
مُحَمَّدٍ عَنْ أَحْمَدَ بْنِ إِسْحَاقَ عَنْ سَعْدَانَ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ
عُبَيْدِ بْنِ زُرَارَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه
السلام قَالَ ذَكَرْتُ لَهُ الْمُتْعَةَ أَ هِيَ مِنَ الْأَرْبَعِ فَقَالَ
تَزَوَّجْ مِنْهُنَّ أَلْفاً فَإِنَّهُنَّ مُسْتَأْجَرَاتٌ (فروع الكافي ج
3/ص 458)
1● Ajaran Syi’ah menghalalkan darah ahlu al-sunah
ولهذا أباحوا دماء أهل السنة وأموالهم فعن داود بن فرقد قال: قلت لأبي عبد
الله ما تقول في قتل الناصب؟: قال: حلال الدم، ولكني أتقي عليك، فإن قدرت
أن تقلب عليه حائطًا أو تغرقه في ماء لكيلا يشهد عليك فافعل (كشف الأسرار
وتبرئة الأئمة الأطهار ص 85 ؛ بحار الأنوار ج27/ 231)
1● Ajaran Syi’ah melecehkan Nabi dan Ummul Mu’minin
إن النبي صلى الله عليه وآله لا بد أن يدخل فرجه النار، لأنه وطئ بعض
المشركات) يريد بذلك زواجه من عائشة وحفصة، وهذا كما هو معلوم فيه إساءة
إلى النبي صلى الله عليه وآله، لأنه لو كان فرج رسول الله صلى الله عليه
وآله يدخل النار فلن يدخل الجنة أحد أبدًا (كشف الأسرار وتبرئة الأئمة
الأطهار ص 24-25)
1● Ajaran Syi’ah juga mempunyai doktrin Thinah
(thinat al-mu’min wa al-kafir) yaitu doktrin yang menyatakanan bahwa
dalam penciptaan manusia ada unsur tanah putih dan tanah hitam. Pengikut
Syi’ah tercipta dari unsur tanah putih sedangkan Ahlu al-sunnah berasal
dari tanah hitam. Para pengikut Syi’ah yang tersusun dari tanah putih
jika melakukan perbuatan maksiat dosanya akan ditimpakan kepada pengikut
ahlu al-sunnah (yang tersusun dari tanah hitam) sebaliknya pahala yang
dimiliki oleh pengikut Ahlu al-sunnah akan diberikan kepada para pegikut
Syi’ah. Doktrin ini merupakan doktrin yang tersembunyi dalam ajaran
Syi’ah. (al-Kafi Juz II / Kitab al-Iman, bab thinat al-mu’min wa
al-kafir)
2● Dan masih banyak lagi keganjilan yang lain
3● Adanya fakta para pengikut Syi’ah menjadikan buku-buku sebagaimana tersebut pada butir 5 sebagai kitab rujukannya.
4● Keputusan Fatwa MUI Kabupaten Sampang No. A-035/MUI/Spg/I/2012
tentang Ajaran Yang Disebarluaskan Sdr Tajul Muluk di Kecamatan Omben,
Kabupaten Sampang.
5● Keputusan Rapat Badan Koordinasi Pengawasan
Aliran Kepercayaan Masyarakat (BAKOR PAKEM) Kabupaten Sampang tanggal 04
Januari 2012 tentang kesesatan ajaran yang disebar luaskan oleh sdr
Tajul Muluk.
6● Keputusan Rapat Koordinasi MUI Kabupaten Se
Koordinatoriat Wilayah (KORWIL) Madura No. 01/MUI/KD/MDR/I/2012 tentang
Ajaran Syi’ah atau aliran Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah
7● Keputusan Rapat Koordinasi MUI Kabupaten/Kota Se Koordinatoriat
Wilayah (KORWIL) Malang No. 13/Korwil-IV/MLG/I/2012 tentang Pengukuhan
Fatwa Kesesatan Ajaran Syi’ah;
8● Keputusan Rapat Koordinasi
MUI Kabupaten/Kota Se Koordinatoriat Wilayah (KORWIL) Besuki No.
01/MUI/Besuki/I/2012 tentang Ajaran Syi’ah atau aliran Syi’ah Imamiyah
Itsna Asyariyah
9● Keputusan Rapat Koordinasi MUI
Kabupaten/Kota Se Koordinatoriat Wilayah (KORWIL) Surabaya tentang
Ajaran Syi’ah atau aliran Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah
10●
Keputusan Rapat Koordinasi MUI Kabupaten/Kota Se Koordinatoriat Wilayah
(KORWIL) Bojonegoro No. Kep-01/MUI/KORDA-BJN/I/2012 tentang Ajaran
Syi’ah atau aliran Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah
11● Berbagai
kajian yang dilakukan oleh para ahli dan para pengamat terkait aliran
Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariyah, faham, pemikiran, dan aktivitasnya
diantaranya Pendapat Prof. Dr. Muhammad Baharun yang menyatakan bahwa
Syi’ah dan Ahlu al-Sunnah tidak mungkin disatukan.
12● Surat Edaran Kementerian Agama No: BA.01/4865/1983, tanggal 5 Desember 1983 tentang Hal Ikhwal Mengenai Golongan Syi’ah
13● Surat Edaran Pengurus Besar Nahdhatul Ulama No:724/A.II.03/10/1997
tentang seruan agar kaum Muslimin memahami secara jelas perbedaan
prinsipil antara Ahlu al-sunnah wa al-jama’ah dengan Syi’ah.
14● Kesimpulan Hasil Seminar Nasional Sehari Tentang Syi’ah pada tanggal 21 September 1997di Masjid Istiqlal Jakarta .
15● Undang-Undang Dasar tahun 1945 pasal 28 huruf J
16● Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Pasal 73
17● Undang-Undang No. 1/PNPS/1965 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama.
18● Berbagai pendapat yang berkembang dalam rapat tanggal 21 Januari
2012 yang dihadiri oleh beberapa wakil dari MUI Kabupaten/Kota di Jawa
Timur (MUI Kab. Jember, MUI Kab Pasuruan, MUI Kab. Malang, MUI Kab.
Sampang, MUI Kota Surabaya, MUI Kab. Tuban, MUI Kab. Bojonegoro, MUI
Kab. Ponorogo, MUI Kab. Blitar) dan beberapa ormas Islam.
19● Telaah terhadap dokumen-dokumen dalam bentuk VCD/CD antara lain yang
mengandung hujatan terhadap sahabat nabi, Perayaan Haul Arbain, Arbain
Imam Husain, dan Acara Syi’ah di Gereja Bergzicht Lawang.
20● Pedoman dan Prosedur Penetapan Fatwa MUI
Selengkapnya di :
http://abuabdurrohmanmanado.wordpress.com/2012/09/03/pentingfatwa-tentang-kesesatan-ajaran-syiah/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar